model MADM sudah banyak digunakan oleh pengambil keputusan untuk menyelesaikan permasalahan pengambilan keputusan. Dalam model MADM terdapat berbagai macam metode yang dapat digunakan untuk mencari solusi terbaik. Metode yang dipilih oleh pengambil keputusan terkadang tidak relevan untuk menyelesaikan masalah MADM. Perbedaan metode MADM sering menghasilkan perbedaan pada proses pemilihan atau perankingan dari sekumpulan alternatif yang didasarkan atas beberapa atribut. Pada penelitian ini mengusulkan sebuah pendekatan untuk membantu pengambil keputusan dalam memilih metode MADM yang relevan terhadap kasus yang diberikan melalui proses analisis sensitivitas. Penelitian ini mengembangkan sebuah aplikasi untuk menganalisis dan membandingkan kelima metode MADM yaitu SAW, TOPSIS, WP, ELECTRE dan AHP yang kemudian mencari alternatif terbaik menggunakan metode terpilih hasil dari proses analisis sensitivitas. Parameter input yang digunakan diantaranya data alternatif, data atribut dan data bobot. Proses analisis sensitivitas dilihat berdasarkan persentase perubahan ranking alternatif setiap metode, semakin besar perubahan ranking alternatif maka metode tersebut akan semakin dipilih oleh pengambil keputusan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi yang telah dikembangkan ini mampu menyelesaikan berbagai macam kasus MADM yang berbeda-beda dengan menerapkan konsep analisis sensitivitas untuk menguji tingkat sensitivitas dari kelima metode MADM (SAW, TOPSIS, WP, ELECTRE dan AHP) berdasarkan kasus yang diuji. Aplikasi ini mampu mencari suatu solusi optimum tanpa terikat pada kasus tertentu sehingga dapat membantu pengambil keputusan untuk menyelesaikan kasus secara cepat dan akurat.

download aplikasinya disini lengkap

pasword : hery kopter exe

17 komentar:

  1. Thank'S brada!!!!!!!!!!!!!!!!

  1. bro ak udah download udah extract files tp filenya ga bisa dibuka.ak harus download aplikasi apa supaya bisa dibuka?untuk windows xp.thanks bro..

  1. boleh minta source code nya..??

  1. Gan cara buka aplikasinya gimana???
    nggak ngerti gan...

  1. Gan cara membuka aplikasi pakai apa???
    nggak ngerti gan,,,

    kirim ke email yach gan...

    suryo.azah@gmail.com

  1. youporn@distu suda ada sourcenya gan

  1. gan..ada rumusnya gak? gak paham nih yang ini " Proses analisis sensitivitas dilihat berdasarkan persentase perubahan ranking alternatif setiap metode, semakin besar perubahan ranking alternatif maka metode tersebut akan semakin dipilih oleh pengambil keputusan."

  1. mau tanya bro,,utk electre dlm contoh perhitungan (pemilihan sepeda motor honda) dikatakan saling mendominasi sehingga utk menentukan nilai Vi digunakan nilai matriks V.
    dasar teori menggunakan matriks V apa bro?di kusumadewi sy tdk menemukan penjelasan seperti itu.thanks bro

  1. tool bahasa pemrogramannya pakai apa??

  1. Gan, itu passwordnya koq gak bisa ya?

  1. bukanya yang ber extensi exe gan??

  1. kamu buka pake aplikasi pemograman delphi gan

  1. bisa gan,, pass : hery kopter exe (harus ada space)

  1. saw nya kg ada ya gan?cuma 4 aja ane pas ane donlot.

  1. iaya gan, hanya 4 saja... tunggu proses selanjutnya...

Posting Komentar

Link Terkait